Jumat, 22 Juli 2016

IDE,DARI MANA DATANGNYA?

  
 DARI MANA DATANGNYA SEBUAH IDE?? 
Darimana ide datang dan kemudian memungkinkan kita untuk membuat bisnis (Uang) dari ide tersebut? Mungkin sampai sekarang pertanyaan ini akan selalu menjadi tanda tanya besar bagi sebagian  besar orang.

"Kok bisa ya?", "kok terpikirkan ya?", dan kok-kok lainnya ketika melihat sebuah ide muncul (dalam konteks bisnis tertentu), dan kemudian menjadi sesuatu yang sangat menghasilkan. lebih parahnya lagi , kadang ide-ide cemerlang dan menghasilkan tersebut sebetulnya adalah sesuatu yang biasa kita lihat, kita jumpai ataupun bahkan kita sendiri yang seering bersentuhan. contoh gampangnya, Twitter, tahu kan? kaluu belum tahu , heloooow... kemana saja? hehehe. bercanda. Tapi kalau memang belum tahu silahkan cek langsung di twitter.com

Mungkin saya tidak bisa menyebutkan berapa detail banyaknya pengguna sosmed twitter di Indonesia ini bahkan dunia, dari kesekian jutaan ribu orang tersebut kok jarang sekali ya yang terfikir untuk membuat ID seperti @kata2bijak @infobdg misalnya? padahal kalau diperhatikan, kedua ID tersebut sering kali menjadiinfluenzer (media iklan)  yang digunakan banyak brand untuk melakukan promosi. Yang artinya banyak uang mengalir kedalam kocek sipemilik ID twitter tersebut. 

Contoh lain adalah keripik maicih, kalau anda tinggal dibandung siapa sih yang gak kenal maicih keripik setan yang pedasnya minta ampun ini?. keripik ini bisa didapatkan diwarung-warung kecil dengan harga yang terjangkau. Kemudian mampu membuat heboh mungkin se-Indonesia bahkan luar negeri untuk mencoba menikmati makanan ini. Dan itu gara-gara sipemilik membuat maicih dengan konsep level pedas sehingga produknya bisa meledak sampai saat ini. Dan tentunya uang mengalir dengan dengan derasnya. Kok bisa ya?

Lagi-lagi karena IDE. Masih banyak ribuan ide yang mulai bermunculan di Facebook, Twitter, Youtube dll. Nah sekarang bagaimana cara ide itu datang?

KNOWLEDGE
Pengetahuan akan mendekatkan kita pada ide-ide yang relevan dan luar biasa. semakin banyak pengetahuan semakin besar pula kita untuk mendapat sebuah ide dalam berbisnis. Maka perbanyaklah pengetahuan kita dari situ kita akan mendapatkan ide-ide baru yang mungkin orang lain tidak menyadarinya.

EXPERIENCE
Pengalaman adalah kunci munculnya ide. setuju atau tidak saya nggak peduli deh, hehehe. yang jelas, pengalaman merupakan sekumpulan informasi dan kejadian. Kata orang "Pengalaman adalah guru terbaik", memang benar dan gak aneh jika orang yang sudah lama berkecimpung didunia musik misalnya punya banyak ide tentang musik dibandingkan dengan pemain sepakbola betul? hehehe.

DOKUMENTASI
Kalau ini adalah gudangnya ide baru. Domentasi dalam bentuk buku, foto, video dll, menyimpan banyak sumber inspirasi untuk menemukan ide-ide baru. Alangkah baiknya dokumentasikan apapun yang menurut anda kelak akan memberikan inspirasi buat anda baik itu dijalan, warung, mall, dan lain-lain.

ILHAM
Percaya atau tidak, kembali ke hak masing-masing. Tapi saya pribadi selalu percaya ada yang dinamakan ilham. Ilham disini bukan nama orang, tapi sesuatu yang tiba-tiba muncul dipikiran kita padahal nggak ada hujan nggak ada petir. Istilah kerennya , Wangsit! kalau menurut saya, kunci untuk mendapatkan ilham ini adalah banyak dekat yang di Atas. Titik.
Terimakasih dan semoga bermanfaat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar