Minggu, 03 Februari 2019

Memaknai Kata-kata

[ JJB ke #25 ]

Sumber: Foto Pribadi
”Kata-kata”, sepertinya memang terdengar sepele.Tapi ternyata kata-kata yang mengandung inspirasi kebaikan mampu mengubah cara pandang dan perilaku seseorang, bahkan orang-orang disekitar kita. Kata-kata seakan punya kekuatan sendiri yang mampu membakar semangat, memunculkan emosi positif serta memberi kedamaian dalam diri.

Terkadang kata-kata tersebut sedikit banyak ada yang mampu menyentuh hati. Makjleb katanya, jika suatu kata-kata mampu menggetarkan hatinya. Maka setelah itu tak jarang kita termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lewat sentuhan kata-kata bijak tersebut. Dan selanjutnya orang-orang yang termotivasi dengan kata-kata tersebut punya dorongan kuat untuk menerapkan dalam sebuah aksi nyata.

Sebut saja kata-kata dari Hos.Cokroaminoto, Bung Karno, Bung Tomo dan sejumlah tokoh-tokoh besar kemerdekaan lainnya. Mereka telah mampu memotivasi dan mempengaruhi Rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan ditangan penjajah dengan kata-katanya.
Kalau kita lihat belakangan ini, kata-kata menjadi semacam kewajiban bagi sebagaian warganet dalam bermedia sosial. Mereka menyebutnya dengan nama “caption”. Biasanya orang memberi caption dari status Ig, Facebook, Instastory dan lain-lain dengan kata-kata bijak dari tokoh-tokoh terkenal, ayat suci, hadist, ataupun dari pemikirannya sendiri.

Bahkan, dalam dunia percintaanpun tak luput dari namanya kata-kata. Padahal kata si “Doi” cinta itu tak perlu dijelaskan namun cukup dirasakan. Memang benar sih, namun tanpa adanya pengungkapan akan cinta kita pada seseorang, apakah kita yakin dia akan mengerti maksud kita hanya lewat kode-kode saja? Saya rasa cinta pun memang juga harus butuh kata-kata yang bertindak sebagai penerjemah dari bahasa hati kita.

Akan tetapi, acapkali kita tidak betul-betul memahami apa yang sebenarnya sudah kita tulis dan posting di sosmed akan kata-kata bijak itu. Bisa jadi itu disebabkan kita menuliskannya hanya karena ego semata. Atau lebih parahnya agar kita terlihat lebih berin(telek)tual daripa yang lain. Ah, saya rasa itu terlalu rendahan. Meskipun saya pribadi terkadang juga sering khilaf. Ya, semoga saja setelah ini kita bisa menata niat menjadi lebih baik Amin.

Memaknai kata-kata tidak hanya sebatas memahami apa maksud dari kata-kata bijak tersebut. Akan tetapi lebih dari itu, kita harus menerimanya dengan cara mau mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai kebaikan apa yang diajarkan dan terkandung dalam kata-kata bijak itu.

Makna sendiri adalah arti atau maksud yang tersimpan dari suatu kata. Artinya, makna dengan kata-katanya sangat bertautan dan saling menyatu. Tjiptadi (1984:19) menyebutkan bahwa jika suatu kata tidak bisa dihubungkan dengan bendanya, peristiwa atau keadaan tertentu maka kata tidak akan memperoleh makna dari kata itu.

Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, kita dulu pernah diajarkan beberapa makna kata seperti makna denotatif, makna konotatif, makna leksikal dan lain-lain. Masih ingatkah? Kalau masih ingat Alhamdulillah, kalau sudah lupa bisa jadi terlalu banyak mikirin kenangan dimasa lalu kali ya. Hehe. Yuk, kita coba buka lagi bukunya atau cari tahu lewat google juga boleh biar ingat kembali ilmunya.

Nah, dengan itu kita sedikit punya senjata yang bisa digunakan untuk menafsirkan sebuah kata-kata. Dalam memaknai kata-kata yang terpenting menurut hemat sayaada dua; Pertama, kita harus cari tahu arti dan makna sebenarnya dari kata-kata tersebut. Kedua, kita harus mau menerima kebenaran dari kata-kata bijak tersebut yang sudah jelas kebenarannya dengan cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sidoarjo, 03 Februari 2019 || Budi Setiawan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar