Kamis, 23 April 2020

ANTALOGI WFH (Writer From Home)

[ JJB ke #32 Series: #LiterasiLawanPandemi ]

Ditengah kemelut pandemi Covid-19, bukan sesuatu yang tabu jika kita mempertanyakan kapan berakhirnya pandemi korona ini. Phisycal Distancing memaksa kita untuk tidak melakukan aktvitas kita sewajarnya sebagai makhluk sosial. Pelarangan berkumpul dengan orang banyak, berjabat tangan bahkan sampai aktivitas ibadah di Masjid dan Gerejapun dihentikan di daerah zona merah yang terkena virus. WFH (Work From Home) menjadi salah satu himbauan pemerintah kepada kita untuk melakukan kerja dan belajar mengajar dari rumah.

Gambar: Poster Antalogi Cerita Inspiratif #diRumahAja

Menjadi hal yang wajar jika kebijakan ini juga berdampak pada psikologi sebagaian orang, merasa bosan salah satunya. Berawal dari melihat realitas yang ada tersebut, serta kurang adanya kegiatan produktif yang dilakukan mahasiswa dalam menghadapi pandemi ini. Dea dan Jahe, dua mahasiswa yang menjadi Aktivis Peneleh ini punya inisiatif untuk membuat project menulis buku antalogi bersama. Projek ini bertajuk, “Cerita Inspiratif #diRumahAja”.

Mereka bekerja sama dengan Penerbit Peneleh sebagai media untuk menerbitkan antalogi itu. Mereka mengambil tema “Cerita Inspiratif #diRumahAja” lantaran ingin membagikan cerita-serita inspiratif saat berada dirumah dari masing-masing kontibutor kepada pembaca. “Dari tema tersebut sudah jelas akan berisi cerita tentang apa saja yang penulis alami ketika menghadapi pandemi ini. Yang juga akan menjadi rekam sejarah di tahun yang akan datang”, terangnya saat saya mintai keterangan tentang projek tersebut. Hal itu tampaknya juga memantik antusias saya untuk terlibat di dalamnya. Saya pikir ini adalah kesempatan bagus, mumpung ada teman-teman yang bisa saling menyemangati dalam berkarya. Hehe.  

WFH memang bukan hanya bicara soal bagaimana semestinya kita bekerja dari rumah. Tapi juga bagaimana kita mengisi hari-hari kita untuk lebih bermanfaat. Menekuni hobi seperti misalnya menulis juga bisa menjadi jawabannya. Sebab, menulis selain untuk mengungkapkan keresahan hati kita juga bisa sebagai obat untuk meredam kepanikan diri (Self Healing). Menulis juga bisa memberikan sumbangsih ilmu dan wawasan kita kepada dunia terkait hal-hal yang mestinya diketahui. Apalagi jika tulisan itu dinilai bisa memberikan sesuatu yang bisa menginspirasi pembaca, maka itu akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi penulisnya.

Maka disaat kondisi memaksakan kita untuk bekerja dan belajar dari rumah, WFH bukan lagi diartikan sebagai Work From Home tapi bisa bisa jadi diartikan Writer From Home bagi penulis buku antalogi seperti di atas misalnya. Antalogi adalah kumpulan karya tulis pilihan seseorang atau beberapa pengarang. Antalogi dalam hal ini bisa berupa puisi, cerpen, essay, ataupun artikel dalam bentuk lain. Dan lebih enaknya, menulis buku antalogi bisa lebih menghemat energi kita untuk menulis sebuah buku. Ya, bagaimana tidak hemat. Wong menulis satu buku saja penulisnya bisa mencapai puluhan orang. He.

Inisiasi projek antalogi ini menurutku sangat baik. Menulis bersama sembari diberi deadline pengumpulan seperti ini cukup membantu orang-orang yang punya masalah dalam hal semangat menulisnya yang dirasa kurang namun punya keinginan untuk tetap produktif menghasilkan sebuah karya. Jika tidak demikian kapan kita akan produktif sementara itu semua hanya bertengger diangan, musabab ndak pernah ada yang memberi deadline misalnya. Karena bagi pemula seperti kita, menulis harus ada punya komunitas untuk memberikan suntikan semangat jika semangat kita mulai down. Lebih-lebih sangat disarankan untuk memiliki seorang mentor. Karena seorang mentorlah nantinya yang akan membimbing, mengarahkan dan memberikan umpan balik dari setiap karya yang kita buat.

Sebetulnya, selain itu menulis antalogi juga bisa dijakan portofolio dan self branding bagi diri kita agar lebih dikenal orang lain. Tapi benefit ini bagi saya hanyalah sebuah bonus. Sebab, tujuan pertam kita menulis adalah agar sebuah gagasan yang kita tuliskan bisa memberikan kebermanfaatan bagi sesama lebih-lebih bisa berdampak positif bagi pembaca, syukur Alhamdulillah. Konon, apa yang ditulis dari hati insyaAllah juga akan sampai di hati pembaca. #SalamLiterasi

“Menulis bukan hanya menerangkai kata-kata indah namun menyampaikan gagasan. Bila kamu melakukannya dengan sepenuh hati maka yang tersentuh bukan Cuma pikiran pembaca tetapi juga hati mereka.”

-Rusdi Mathari


Sidoarjo, 23 April 2020 || Budi Setiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar